Contoh RPP Kurtilas Bahasa Indonesia Kelas 7
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Bekasi
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Teks Laporan
Hasil Observasi
Tema : Cinta Lingkungan Hidup
Subtema :
Cinta
Lingkungan
Alokasi Waktu : 4
x 40 menit ( 2 x Tatap Muka )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
3.3. Mengklasifikasi
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.3.
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
2.5.
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara
pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
1.3
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
C.
Indikator
1.
Mengklasifikasi teks hasil observasi:
- Menjelaskan kekurangan teks teks hasil observasi dari aspek isi dan bahasanya
- Menelaah dan merevisi teks (identifikasi struktur dan kaidah kebahasaan)
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah melakukan pengamatan, kerja
kelompok, tanya jawab, dan berlatih diharapkan peserta didik dapat
mengklasifikasikan teks hasil observasi.
2.
Setelah melakukan pengamatan, kerja
kelompok, tanya jawab, dan berlatih diharapkan peserta didik dapat menjelaskan
kekurangan teks hasil observasi dari aspek isi dan bahasa.
3.
Setelah melakukan pengamatan, kerja
kelompok, tanya jawab, dan berlatih diharapkan peserta didik dapat menelaah dan
merevisi teks (struktur dan kaidah kebahasaan).
4.
Setelah melakukan pengamatan, kerja
kelompok, tanya jawab, dan berlatih diharapkan peserta didik dapat memiliki
perilaku percaya diri peduli dan santun dalam merespons secara pribadi
peristiwa jangka pendek.
5.
Setelah melakukan pengamatan, kerja
kelompok, tanya jawab, dan berlatih diharapkan peserta didik dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
E.
Materi
Ajar
1.
Klasifikasi teks hasil observasi:
·
teks
laporan (report text)
·
teks
berita
2.
Cerita Rakyat
3.
Kekurangan teks teks hasil observasi
dari aspek isi dan bahasanya
4.
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan
kaidah kebahasaan)
F.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan : saintifik (scientific)
Metode : diskusi, menemukan, tanya jawab,
penugasan, dan presentasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya.
2.
Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta
didik mengumpulkan tugas kumpulan artikel/tulisan atau berita dari berbagai
media
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca salah satu teks berita
dengan cermat
Menanya :
·
Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru
mengungkapkan hal yang berkaitan dengan klasifikasi/kategori teks
hasil observasi dan teks berita
·
Peserta
didik dengan atau bantuan guru mengungkapkan hal yang berkaitan dengan
kekurangan teks hasil observasi
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik menjawab pertanyaan
tentang isi teks
·
Peserta
didik secara kelompok mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang
termasuk dalam kategori teks laporan dan teks berita dari segi struktur teks
·
Peserta
didik secara kelompok mendiskusikan kekurangan teks hasil laporan observasi
dari segi struktur dan kaidah kebahasaan.
·
Peserta
didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis kelompok lain dari
aspek judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus, dan kaidah
kebahasaan dengan penuh tanggung jawab
·
Peserta
didik merevisi teks hasil observasi kelompok sesuai dengan hasil penelaahaan
dengan penuh tanggung jawab
·
Peserta
didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis teman dari aspek
judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus, dan kaidah kebahasaan
·
Peserta
didik merevisi teks hasil observasi teman sesuai dengan hasil penelaahaan
dengan penuh tanggung jawab
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
hari ini.
·
Guru
memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Guru
melakukan penilaian.
·
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati pendapat dan hasil
karya orang lain.
·
Salam dan
doa penutup.
|
10
menit
|
Pertemuan ke- 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya.
2.
Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
3.
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengasosiasikan :
·
Peserta
didik membandingkan hasil telaah dengan kelompok lain untuk memperkuat konsep
tentang teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menjelaskan hasil
penelaahan terhadap teks yang dibuat teman/kelompok untuk perbaikan dengan percaya diri dan bahasa yang santun
·
Peserta
didik menjelaskan hasil revisi untuk kelompok atau teman lain dengan percaya diri dan bahasa yang santun
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
hari ini.
·
Guru
memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·
Guru
melakukan penilaian.
·
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati pendapat dan hasil
karya orang lain.
·
Salam dan
doa penutup.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di
Kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
|
Aspek lembar observasi
-
Sikap menghargai
-
Sikap bersyukur
|
2.
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Selalu
|
Percaya
diri
|
2
|
|
-
peduli
|
3
|
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak
menyinggung perasaan orang lain pada kegiatan menanggapi perbedan pendapat
tentang teks hasil observasi dan teks berita
|
-
santun
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen : uraian
c.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Disajikan teks hasil observasi dan teks berita, peserta didik
dapat :
-membedakan dari struktur teks
- menentukan perbedaan struktur isi teks
hasil observasi dengan teks deskriptif
-. Menentukan ciri bahasa teks hasil
observasi dengan teks deskriptif
|
- Berdasarkan
teks hasil observasi danteks berita, tentukan
perbedaan dari struktur teks!
- Jelaskan
cirri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks observasi dan deskripsi yang
kalian baca disertai bukti yang mendukung jawabanmu?
|
d.
Soal Uraian
1)
Berdasarkan teks hasil observasi yang
dilakukan, jelaskan strutur teks laporan observasi.
2)
Berdasarkan teks hasil observasi yang
dilakukan, revisilah teks hasil laporan observasi sehingga menjadi teks laporan
yang sesuai dengan kaidah kebahasaan.
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Penugasan/proyek
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik Penilaian
c.
Soal
1.
Tugas
a)
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks hasil observasi dan teks berita
dilihadari struktur teks.
b)
Tugas kelompok, menentukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks
hasil observasi dengan teks deskripsi.
2.
Portofolio
a) Menilai hasil pemahaman peserta
didik tentang struktur teks laporan
hasil observasi yang dibandingkan dengan teks lain (teks berita) dalam bentuk laporan hasil kerja kelompok dan atau individu
b) Menilai perkembangan menulis
Peserta didik melalui tugas merevisi
teks laporan observasi
c) Menilai
hasil pemahaman dan kemampuan peserta
didik dalam penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja
kelompok dan atau individu pada berbagai tugas menulis
I.
Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber
1. Buku
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan kelas VII, Kemendikbud
2. Kamus
Besar Bahasa Indonesia
3. Buku
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
4. Buku
Ejaan Yang Disempurnakan
5. Internet http:
Media
1. Teks
laporan hasil observasi cinta lingkungan
2. Teks berita
1. Contoh
Instrumen Penilaian
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
|||||||||||
Sikap menghargai
|
Sikap Bersyukur
|
|
|||||||||||
1.
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap Spiritual
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Sikap
menghargai
|
Tidak mencemooh kesalahan teman dalam penggunaan
bahasa Indonesia di kelas
|
|
|
|
|
|
|
Memberi
saran kepada teman ketika tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar dalam kelas
|
|
|
|
|
2
|
Sikap
bersyukur
|
Menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam kelas dan lingkungan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
Menggunakan
bahasa Indonesia di lungkungan sekolah secara wajar
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Sangat Baik
2. Baik
3. Cukup
4. Kurang
Perolehan skor
Nilai =
___________ X skor ideal = NA
Skor maksimal
2. Contoh
Instrumen Penilaian
Lembar Observasi Sikap Sosial
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap Sosial
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Peduli
|
santun
|
|||||||||||
1.
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian sikap Sosial
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skala
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Percaya
diri
|
· Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
· Mampu membuat
keputusan dengan cepat
· Tidak mudah putus
asa
· Tidak canggung dalam
bertindak
· Berani presentasi di
depan kelas
· Berani berpendapat,
bertanya, atau menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
· Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
· Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya
· Dapat menerima kekurangan orang lain
· Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Santun
|
· Menghormati orang yang lebih tua.
· Tidak meludah di
sembarang tempat.
· Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
· Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
· Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
· Meminta ijin ketika
akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
· Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Sangat Baik
2. Baik
3. Cukup
4. Kurang
Perolehan skor
Nilai =
___________ X skor ideal = NA
Skor maksimal
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 4
Drs.Usman
Efendi, M.M. NIP.195705161983081002
|
|
Guru
Mata Pelajaran
Mega Purnama, S.Pd
|
Comments
Post a Comment